5 Cara Mengelabui Pikiran Agar Makan Lebih Sedikit

Segala hal bermula dari pikiran Anda. Pepatah itu benar adanya, apa yang Anda lakukan dan pilih tentu berdasarkan pikiran Anda yang mempertimbangkan segala hal yang ada. Anda pun bisa menggunakan pikiran Anda untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah menurunkan berat badan. klik Pengobatan Penyakit Turun Peranakan


Dunia psikologi telah menemukan beberapa cara yang akan membuat Anda makan dengan porsi yang lebih sedikit. Caranya mudah, yaitu dengan mengelabui pikiran Anda sendiri. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengelabui pikiran Anda agar makan lebih sedikit.

  • Beli piring lebih kecil

Coba bandingkan antara dua centong nasi yang diletakkan di piring yang berdiameter berbeda. Kemudian lihat, antara piring yang lebih kecil dan piring yang lebih besar. Dua centong nasi akan terlihat lebih sedikit di piring yang besar, namun terlihat berlebihan di piring yang kecil. Dengan mengganti seluruh piring di rumah dengan diameter yang lebih kecil, Anda akan secara otomatis menyesuaikan porsi makan dengan ruang yang ada di piring tersebut. Alhasil, dengan piring lebih kecil, porsi makan Anda akan lebih sedikit.

  • Makanlah kudapan/snack dengan tangan yang tidak dominan

Sebuah penelitian membuktikan bahwa memakan kudapan seperti kentang goreng, keripik singkong, atau kerupuk dengan tangan yang tidak dominan akan mengurangi porsi makan Anda sebesar 20% lebih sedikit. Jadi apabila Anda biasa menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas, cobalah untuk memulai makan kudapan menggunakan tangan kiri, begitu juga sebaliknya.

  • Taruh cermin di meja makan

Mungkin hal ini terdengar aneh bagi Anda, namun para peneliti membuktikan dengan menaruh cermin di tempat Anda biasa mengambil makan, secara tidak sadar Anda akan mengambil makan lebih sedikit. Secara psikologis, cermin akan meningkatkan kesadaran diri (self-consciousness) Anda. Hal ini membuat Anda berpikir dua kali saat akan mengambil makanan di depan cermin. Bahkan, apabila ada dua jenis makanan seperti hamburger dan salad di meja makan, Anda akan cenderung memilih salad.  klik Obat Herbal Penebalan Dinding Rahim Paling Ampuh

  • Gunakan piring berwarna merah

Hal ini pasti semakin membuat Anda bingung. Namun nyatanya, sebuah penelitian telah membuktikan, orang cenderung mengambil makanan lebih sedikit apabila makanan tersebut dihidangkan di atas piring berwarna merah. Ternyata alam bawah sadar pikiran Anda telah mengasosiasikan warna merah dengan tanda “berhenti” pada lampu lalu lintas. Inilah yang membuat Anda akan mengambil porsi makanan lebih sedikit apabila menggunakan piring merah.

  • Bukalah makanan anda

Ya, buka makanan Anda. Apabila Anda memiliki menu dua potong roti tawar plus olesan mentega dan selai coklat di dalamnya, cobalah untuk tidak menyatukan kedua roti, melainkan membukanya. Atau apabila Anda memiliki menu pastel isi daging, sayur, dan telur, cobalah belah pastel tersebut terlebih dahulu. Secara psikologis, saat Anda melihat makanan yang disajikan secara terbuka, makanan tersebut akan terlihat lebih banyak. Hal ini menyebabkan otak Anda menolak untuk makan terlalu banyak.

5 Cara Mengelabui Pikiran Agar Makan Lebih Sedikit